myresearch!

PEMANFAATAN MEDIA ADSORBEN (CAMPURAN TANAH, CaCO3, DAN SERBUK KAYU) UNTUK MENYISIHKAN SENYAWA FOSFAT DALAM LIMBAH GREY WATER

ABSTRAK

Limbah domestik secara umum terbagi dalam dua bagian, yaitu buangan dari kloset dan peturasan, yang disebut black water, dan buangan dari bak mandi, bak cuci tangan, dan bak dapur, yang disebut grey water. Limbah grey water memberikan pengaruh besar terhadap pencemaran di badan air berupa eutrofikasi (pertumbuhan algae yang tinggi). Faktor penentu terjadinya eutrofikasi tersebut ialah senyawa fosfat yang terkandung cukup banyak di dalam limbah grey water. Media yang akan diuji untuk menyisihkan senyawa fosfat ini ialah campuran tanah, CaCO3, dan serbuk kayu. Ketiga komponen ini dicampurkan (dengan variasi komposisi yang berbeda-beda) dan dibakar pada suhu 6000C. Selanjutnya sampel (Kalium Biphosphate) 20 mg/L dicampur dengan media tersebut dengan sistem batch. Pada jam ke-1, ke-2, ke-3, ke-6, ke-24, dan jam ke-48 konsentrasi fosfat dalam larutan diukur. Dengan menggunakan metode statistik ANOVA, didapatkan bahwa variasi yang memiliki efisiensi penyisihan di atas 90% tidak signifikan perbedaannya dalam penyisihan senyawa fosfat, sehingga variasi manapun bebas dipilih sebagai variasi optimum. Sedangkan komponen yang paling berpengaruh dari ketiga komponen (tanah, CaCO3, dan serbuk kayu) ialah tanah. Media adsorben tersebut juga dibandingkan dengan tanah Dago Atas tanpa adanya modifikasi (pencampuran dan pemanasan), dan dengan uji hipotesis, menghasilkan perbedaan yang tidak signifikan dalam menyisihkan senyawa fosfat.

Kata kunci: grey water, fosfat, eutrofikasi, tanah lempung,


ABSTRACT

Domestic wastewater generally divided in two parts, i.e. black water (wastewater from closet) and grey water (wastewater from pantry, washbowl). Grey water makes significant effect in water and soil contamination because the detergents still contain phosphate compound which is the limiting factor of eutrophication. In this experiment, the absorbent medium is used to remove the phosphate compound. The medium includes three components, which are : clay, CaCO3, and sawdust. All the three components are mixed with different composition of the component weight as much as 21 varieties. After that, the components will be burned in 6000C. Kalium Biphosphate 20 mg/L is mixed with that medium and measured the remain concentration of phosphate every varieties in 1st, 2nd, 3rd, 6th, 24th, and 48th hours. Analysis of variance (ANOVA) evaluate the varieties that have efficiency rate more than 90%, have not significantly different in removing phosphate compound. Beside that, the component influence most among three components in removing phosphate compound is clay. Then, the adsorbent media is compared with the original soil (Dago Atas soil) without modification (mixing and heating), and the result is (both of them) not significantly different in removing phosphate compound.

Key words: grey water, phosphate, eutrophication, clay.

—————————————————————————————————–

Tulisan ini merupakan laporan akhir dari beberapa penelitian yang telah dilakukan di tempat yang berbeda-beda.

1. Penelitian dilakukan di Balai Teknologi Lingkungan BPPT, PUSPIPTEK Serpong, dalam rangka Kerja Praktek pada Juni-Juli 2006, dengan judul “PENYISIHAN FOSFAT DENGAN MEDIA ADSORBEN TANAH LEMPUNG DAN KAPUR”.

2. Penelitian kedua dilakukan dalam rangka Lomba Penelitian Program Kreativitas Mahasiswa bidang Teknologi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-20 yang diselenggarakan oleh DIKTI. Waktu pelaksanaannya dari Maret 2007 hingga Juli 2007. Judul ini merupakan pengembangan dari penelitian sebelumnya, “PEMBUATAN BATU BATA UNTUK MENYISIHKAN SENYAWA FOSFAT DALAM LIMBAH GREYWATER DOMESTIK”. Judul ini hanya bisa masuk sebagi finalis lomba saja dalam bidang PKMT.

3. Pada penelitian ketiga, kami berhasil mendapatkan juara pertama dalam Lomba Penelitian Antarhimpunan Se-ITB TANOTO Foundation Award yang diselenggarakan oleh TANOTO Foundation. Pengerjaan penelitian ketiga ini berbarengan dengan penelitian kedua, hanya saja pada penelitian ketiga ini ada beberapa tahapan yang ditambahkan untuk mematangkan analisis. Penelitian ketiga ini selesai dikerjakan pada awal bulan Agustus 2007. Judulnya ialah “PEMBUATAN MEDIA ADSORBAN UNTUK MENYISIHKAN SENYAWA FOSFAT DALAM LIMBAH DOMESTIK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN EUTROFIKASI PADA BADAN AIR”.

Selanjutnya hasil-hasil dari penelitian tersebut disempurnakan pada penelitian keempat, yang tidak lain adalah Tugas Akhir yang saya lakukan di Teknik Lingkungan ITB. Akan tetapi, bukan berarti peneltian keempat ini telah sempurna. Masih banyak kekurangan yang harus ditambahkan dan ada beberapa hal juga yang harus diperbaiki.

Jika Anda ingin menginginkan dokumen lengkap mengenai tulisan ini (Tugas Akhir), bisa langsung hubungi saya baik melalui nomor telepon atau email. Semoga bermanfaat.

If you would like to this article (Final Project) completely, you can send me a message directly either through cellular phone or email. Good luck.

 

2 thoughts on “myresearch!

  1. Saya sedang ingin melakukan penelitian tentang eutrofikasi, bisa minta bantuannya (literatur, diskusi atw sharing)?

    me:
    oke, klo literatur mgkn sy cuma bisa ngasih nama, soalnya ada di rumah bukunya..diskusi bisa di YM saya (myvirus_alhariz)..
    saya akan usahakan bantu yg saya bisa mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s