re-sign or re-sing (?)

Dulu kalo ditanya knp mau masuk PLN, paling gampang jawabannya kesejahteraan terjamin. Bahkan, pernah punya jawaban: sebagai jalan untuk amal jariyah buat masyarakat indonesia, karena manfaat listrik dirasakan bnyk orang. Apa salah? Tidak! Namanya juga alasan, bisa macam-macam. Asal alasan itu masuk naluri, asal itu jujur dari dalam hati. Bukan gombalan.

Tapi, bagaimana jika jawaban dr alasan itu sudah tidak nampak lagi. Bagaimana UU Ketenagalistrikan yg baru telah mengobral usaha listrik ini. Ruhnya sudah tidak murni lagi. Bagaimana jika ternyata dalam prakteknya, terdapat bnyk kepentingan. Bagaimana jika otoritas sang pimpinan sangat kuat dan bawahan adalah kacung. Bagaimana mengelaborasikan dua garis ini?

Buku-buku self management bnyk memberi masukan, termasuk ceramah-ceramah Mario Teguh, bahwa bekerja yang menyenangkan ialah pekerjaan yang kita sukai, yang darinya kita bisa benar-benar bermanfaat untuk orang lain. Saya lantas berkaca dan berhenti sejenak. Apa masih kuat alasan untuk terus berada di zona ‘kelistrikan’? Atau karena aura pimpinan yang tidak berwarna? Atau sistem yang tak terukur? Yang pasti jika ditanya apakah pekerjaan saya hari ini, saya merasa senang dan bermanfaat untuk orang lain, maka jawabannya tidak.

Maka keluarlah dan lakukan yang terbaik yang bisa kamu lakukan, kata Mario Teguh, lalu perhatikan apa yang terjadi, lanjutnya.

Saya masih tunggu 4 tahun lagi. Karena telah teken kontrak. Jika masih saja tidak klop, maka itulah resiko yang diambil. Kalo pun masih klop, saya rasa bukan pilihan terbaik untuk menjadi pegawai seumur hidup. Terlalu tak berharga rasanya kalo di dunia ini kita tak mencoba banyak hal.

Ini sengaja saya tulis d blog, agar saya ga lupa untuk terus berada di zona ‘listrik’. Setidaknya tidak sekedar nyanyian. Yang akan lupa di telan waktu.

pic by : deviantart.com

Leave a Reply

