international pink hijab day

tanggal 29 oktober kemaren, teman saya menuliskan kalimat di atas distatus YM-nya. bingung tapi seneng juga. bingung karena baru pertama kali denger tentang hijab day. seneng karena jujur aja, cewe itu makin cakep klo pake hijab (kerudung) apalagi warnanya pink atau putih. i love it. entah kenapa wanita terasa lebih grace ketika mengenakannya. mungkin ini yang dinamakan fitrah. fitrah karena harusnya seperti inilah wanita.

sewaktu kuliah dulu, aku saat itu menjadi redaksi sebuah buletin di jurusan. karena jurusan teknik lingkungan itb banyak ceweknya, dan ntah kenapa yang memakai jilbab bertambah banyak, aku jadi terpikir untuk membuat testimoni para jilbaber yang baru ini..aku meminta ke temen-temen yang pake jilbabnya itu pas kuliah (jadi kita masih sempet liat dia ga pake jilbab) untuk menuliskan kenapa dia pake jilbab dan perasaanya setelah pake jilbab. hasilnya mencengangkan. sayangnya aku ga ada dokumen lengkap tentang ungkapan-ungkapan mereka.

beberapa alasan yang sering keluar adalah mereka memakai jilbab karena ingin dirinya lebih dihargai dan lebih dinilai sebagai wanita baik-baik. karena sebenarnya mereka lebih ingin dihormati daripada dipuji kecantikan atau keseksiannya. karena mereka sadar bahwa sebenarnya lebih baik menjadi wanita terhormat daripada menjadi wanita penjilat.

dan satu hal yang menarik ketika ada pembaca wanita yang belum memakai jilbab, “jadi kapan nih?”, aku menyindir, “doain aja mam, moga dapet hidayah..”, katanya. ada juga yang berkomentar, “mam, gw panas baca ini..”. simpelnya, aku melihat bahwa tanggapan wanita yang belum berjilbab tentang jilbab sebenarnya sangat positif. mungkin rasa ketakutan tidak diterima di kelompok mainnya, atau rasa takut tidak lagi dibilang cantik, atau image kuper, ndeso, bagi orang-orang berjilbab. rasa-rasa ini yang sering muncul. tapi di testi itu ternyata ada pengakuan bahwa dirinya malah dibilang lebih cantik setelah memakin jilbab, dan dia tetap berada di kelompok mainnya.

buletin itu hanya difotokopi tidak dicetak, dan hanya sekali terbit. tapi aku merasa tanggapannya luar biasa, dan tiap tahunnya hampir selalu ada para pemakai jilbab baru di jurusan kami.  karena bisa jadi ada satu pengalaman mendasar yang ga bisa diceritakan atau ga sempet ditanyakan, kenapa ia memakai jilbab. dengan buletin itu banyak orang yang mengerti dan mungkin memiliki problem yang sama sehingga ia memakai jilbab.

terakhir, ini berlokasi di makassar. aku mendapat pertanyaan dari salah seorang teman di komunitas blogger makassar. ia minta pendapat tentang keinginannya untuk memkai jilbab. keinginan itu sudah lama karena ia merasa seperti belum menjadi seorang wanita setelah lama ia hidup. akhirnya ia memakai jilbab bertepatan dengan satu ramadhan 1429 H. alhamdulillah..

memakai jilbab adalah transformasi yang sangat berat. apalagi jika saat itu ia sedang berada di puncak keramaian orang. perlu ada enzim tertentu untuk mengalahkan energi aktivasinya. perlu ada pertarungan yang sangat sengit dengan penghuni hati. perlu ada argumen kuat dengan keluarga. fragmennya begitu kuat sehingga tak bisa dibuang dari ingatan. energi-energi ini bisa jadi akan memperkuat keputusan seorang yang sedang berada di titik itu sekarang. atau membuka sebuah alasan untuk memakai jilbab.

untuk teman-teman yang sudah pernah melewatinya, bolehlah berbagi tentang pengalaman berharga itu kepada semuanya. boleh comment disini, atau link ke blognya masing2, atau kirim ke emailku (nanti diposting disini)..

13 thoughts on “international pink hijab day

  1. assalamualaikum…
    saya merasa harus menulis sesuatu di sini. Saya belum lama berjilbab. Dulu ketika ditanya kapan berjilbab, saya menjawab standar, “nunggu hidayah…”. Baru sadar sekarang hidayah itu ga ditunggu, tapi di jemput, ga akan datang sendiri kalo ga ada niat yang tulus. Sebelumnya terbayang kesulitan yang akan saya hadapi, tapi ternyata Tuhan memberikan kemudahan, membantu memberikan jawaban atas semua ketidaktahuan saya.
    Jadi buat teman muslimah yang lain yang belum hijrah, jangan menunggu hidayah datang, teruslah memperbaiki diri, semuanya akan sejalan kok, percayalah…
    Satu kalimat yang selalu terngiang dalam hatiku sekarang adalah “kenapa tidak dari dulu?…”

  2. ini tulisan keren mam🙂

    menggerakkan orang🙂

    jadi pengen membaca komen2 selanjutnya dari wanita yg sudah memakai hijab..

    karena memang tidak gampang meyakinkan orang utk merubah penampilannya.

    *bukti bahwa hidayah memang hanya milik Allah

  3. Kenapa berjilbab??
    Sudah sejak lama aku tau kalo perintah memakai jilbab itu hukumnya wajib untuk wanita muslim. Tapi dulu banyak banget alasan untuk ga pake jilbab (walaupun aku seorang ,muslim tapi tetep aja ga mau pake jilbab, mungkin bisa dibilang belum berislam sepenuhnya)

    Sampai suatu saat aku tersadar bahwa wanita itu sangat indah, melihat keindahan yang dipertontonkan menimbulkan perasaan risih dan ga nyaman. Dari sana aku merasa berjilbab adalah kebutuhan….

    Alhamdulillah (walaupun terlambat) kebutuhan itu segera kupenuhi…

  4. hey…
    ga tau kenapa tiba2 pengen pake…
    dikau tau lah ya mam, aku bukan orang yang ‘gimana bgt’
    dini is still dini…
    waktu itu cuma kepikiran kayaknya lebih enak aja…

    mengalahkan pikiran pikiran egois..’ntar gw susah sekolah atau kerja di luar negri.. padahal itu salah satu mimpi gw..’ hmm just go with the flow aja…

    karena Allah bakal selalu ngasih yang terbaik buat kita…

  5. ahh…
    gw dulu pernah liat tuh dokumennya di atas kertas buku garis-garis khan…
    waktu tu di atas meja setrikaan…
    gatau deh waktu tu lu beresin apa kagak,,,dulu waktu meja setrikaan di dapur…

    iya menyentuh tulisan2nya…

    btewe…

    ternyata ia yang berjilbab pink ya mam…

  6. @henny: mba henny ini salahsatu yg ada di cerita di atas..
    ganbatte mba, keep learning..

    @arif: moga tertular di blog2 lain pak, ente kan klo bikin tulisan komennya seabreggg, bikin yg kyk ginian aja pak..he3..

    @nila: jilbab adalah kebutuhan. seperti makan. seperti tidur. itulah fitrah.

    @ghina:🙂

    @dini: santai din, skrg udh bnyk kok yg keluar even dia pake jilbab. oia udh buktiin kok..s3-nya di luar ya..gw doain,…

    @yasrid: kenapa pink? ini kyknya warna paling feminim seorang wanita pak. hitam? sejujurnya warna kesukaan saya hitam. dan saya juga suka wanita pake jilbab hitam, klo sy umpamain, spt bulan yg muncul di tengah awan hitam..hahahaa…

    @ikhwan: aduuhh si ikhwan, buka2 kartu aja..yg mana aja lah jilbabnya yg penting mah mau ama gw..hwheehhee

  7. Yah, mam, walau ada jg yg lepas jilbab for a while untuk memudahkan dia masuk suatu negara

    Alhamdulillah Gw ud ga tkt lg, gw ud nemuin sekola yg ada mushola dan komunitas pelajar islamnya oke bgt…doain yah

    RUG Just wait for me… Hahaha

  8. kalo saya, sampe kapanpun ga mau saya pake jilbab

    sumpah, mau dibayar berapa juga

    kecuali 10 milyar duit dolar , mau lah sekali-kali saya pake jilbab

    aneh soalnya kalo pake jilbab teh

    kaya cewe aja

    heuheuheu

    ya iya lah …..

    rihan aja namanya Rihan Handaulah, bukan Rihan Handaudong

    saya kan laki-laki

    bukan ikhwan

    karena nama saya dani badra

    bukan ikhwan abdillah

    jilbab yang keren itu item

    rasanya garang betul

    kalo yang putih

    rasanya manis,imut,suci

    kalo yang pink

    rasanya lucu,manis,imut,cute

    hahahaha

    SAYA LAKI-LAKI MENDUKUNG PENUH KALIAN HEI PARA WANITA UNTUK BERJILBAB

    apalagi pake kacamata

    apalagi soleh

    apalagi pinter

    apalagi penyayang

    edunlah pokonamah

    saya sendiri punya cerita mam. Pokonamah JUARA lah kalo postingan kenapa kamu berjilbab di lombain. Tapi belum saya ditulis di blog sayah.

    Soalnya si pelaku jilbabnya adalah anak kelas 5 SD. 2 orang. mereka sahabatan

    mereka kalo keluar rumah udah pake kerudung

    kalo main sesepedaan misalnya

    yang mengherankan adalah

    ibunya sendiri belum berkerudung

    kakaknya yang perempuan yang sekarang kelas 3 smp juga belum

    adiknya juga belum

    luarbiasa ya?

    hidayah allah memang aneh

    ga disangka-sangka

    tuh anak, semoga istiqomah

    ntar di blog saya, saya aplot potonya

    boleh ga ya?

    non muhrim?

    teu nanaon, da budak leutik keneh

    hahahaha

    yu ah

    mam, urang oge lagi tes PLN nih

    heuheuheu

    doanya okeh….

    sugan we ngke papanggih di makasar

  9. imam, emang cewe paling bagus kl pake jilbab item tuh.
    setuju saya:D

    tp kenapa ini malah pink?
    soalne ini bukan dalam rangka bagus2an atow untuk menunjukkan bahwa wanita adalah makhluk yg indah, toh mo pake jilbab warna apapun motif apapun setiap wanita itu indah*halah ini mah geer sendiri, hehe sori yee..*
    hijab day yg dicanangkan oleh org2-entah siapa-di luar negeri ini adalah suatu bentuk dukungan dan kepedulian pada para penderita breast cancer yang sedang berjuang menghadapi penyakit itu.
    nah, kl secara globalnya tuh ditandai dengan penggunaan pita warna pink, kl para muslimah menunjukkannya dengan memakai jilbab warna pink. jadinya yg ada adalah international pink hijab day.
    begitcyuu…CMIIW yaa…

    crita2 soal jilbab, aie bersyukur alhamdullillah banget berada di keluarga dan kuliah di tempat yang begitu kondusif yang bikin yakin kl pake jilbab itu ga perlu keraguan di dalamnya-walopun sebenernya rd telat juga, tp alhamdulillah masih dikasi waktu-:)

  10. @dini:
    ayo din..semangat!! jngn tmenin orig di kampus truss…hahaahaa..

    @dani badra:
    maneh minuh2eun blog urang wae…
    nu warna naon wae, meun dijilbaban mah, anggun ketempona..
    maneh tes PLN???
    aduh, urang geh hayang kaluar, ceunah rek ka tambang?? gaji PLN mah cukup jeung nagabaso hungkul..
    sok lah, ku urang didaguan didieu..

    @aie ngintip:
    nah, kawan, gara2 si aie ini nulis di status YM-nya, makanya sayah buat topik ini..
    emang sih aie,hitam lbh bagusss..spt purnama ditengah awan hitam..hahahaaa…
    oiya, aie ini, kawan, salahsatu perintis cewek TL yg pake jilbab di awal2 kuliah, dan tau ga apa yg gw lakukan waktu pertama kali dia pake jilbab???
    tapi jgn ketawa ya..serius nih jgn pada ketawa..
    sayah sujud syukur di ruangan kuliah (ruang seminar lt.5),serta merta..ga smua org tau nih..makanya jgn bilang siapa2 (pdhl blog ini terbuka utk seluruh umat manusia..hahaa..)
    tuh kan ketawa lagi, dibilang jgn ketawa…
    itulah kawan, jilbab membuat segalanya jadi indah..

Leave a Reply

