Laskar Pelangi untuk hemat energi…

Selain ada Hari Kesadaran Nasional yang dilakukan dalam bentuk upacara setiap tanggal 17 tiap bulannya, PLN juga punya hajatan besar tiap tahunnya, yaitu Hari Listrik Nasional. kedua perayaan hari tersebut memang asing. saya saja baru mengenalnya setelah masuk PLN. Hari Kesadaran Nasional acaranya bukan hanya upacara biasa layaknya anak-anak SD upacara pada hari senin. tapi, ajang berkumpul para pegawai PLN di tiap unit dan yang lebih penting pada upacara itu disampaikan amanat Direktur Utama. jadi pada hari itu semua pegawai PLN tahu pesan yang disampaikan Dirut. dan juga pengumuman unit-unit perusahaan yang mendapatkan kinerja terbaik. ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi masing-masing perusahaan karena tiap unit dituntut untuk berkompetisi.

lantas ada apa dengan Hari Listrik Nasional? karena baru tahun ini saya masuk PLN jadi belum tahu acara HLN sebelumnya. untuk HLN ke 63 ini yang khususnya di regional makassar acara lebih banyak di bidang olahraga. mungkin ini karena lebih hemat dan efisien. saya pernah bertanya ke seorang teman yang juga di PLN, “kenapa sih hajatannya PLN kok sepi2 aja? di TV aja ga nongol, kurang wah gitu..”, dengan senyum ringan teman saya menjawab, “itu biar hemat cuy, klo PLN bikin pesta, ntar ironis ama kondisinya sekarang yang pemadaman terus..”

ada acara intern ada yang anatar unit. acara intern untuk di kantor saya bidang olah raga aja. bulu tangkis, catur, domino, tenis meja, voli..semuanya dilakukan satu minggu sebelum hari-H. ada yang curi2 waktu abis pulang kantor, waktu istirahat, atau pas kantor dapet pemadaman bergilir (walaupun kantor PLN, kalo pemadaman kita juga dapet loh…). walau sederhana banyak pegawai yang antusias. dan terkadang ada pegawai yang ikut banyak cabang olahraga, sehingga ia pusing sendiri ketika waktunya bersamaan.
sedangkan acara antar unitnya selain olahraga itu senam bersama (awalnya jalan santai bersama, tapi dibatalkan..mungkin peserta jalan santai takut ditimpukin warga soalnya lagi banyak pemadaman di makassar, bayangin pemadaman udah kayak minum obat aja, dua kali sehari..). nah, setalah acara senam berjamaah itu ada pengundian door prize dan lomba yel2..ini sebenarnya kenapa saya ingin melaporkan acara HLN ke 63 ini..
kamis sore saya udah berkemas ingin pulang kantor, tapi ingin hati melihat-lihat keadaan ruangan teman yang masih menyala, ternyata harus kembali menyimpan tas. ini karena ada lomba yel-yel yang akan dilombakan besok setelah senam. selaku kalangan muda di kantor ini, kami tergerak untuk membentuk yel-yelnya (sori kalo berlebihan..). semua ide kosong, bingung mau ngapain. ada yang bilang, “udah kayak laskar pelangi aja, telanjang, nari2 ga jelas..”, ada juga yang punya usul menyadur lagunya Project Pop, tapi dengan lirik yang ada hubungannya ama hemat listrik. karena emang itu yang akan dinillai, yel-yel harus mengkampanyekan hemat listrik. akhirnya setelah pikir panjang kami memutuskan untuk menyadur yel-yel ketika kami pelatihan dulu di SECAPA (sekolah calon perwira, ini bagian dari diklat menjadi pegawai PLN). selain penuh semangat, kami pun sudah hapal lagu-lagu ini tinggal mengganti liriknya, dan ga butuh kualitas vokal yang bagus, yang penting teriak dan jingkrak-jingkrak..
jumat bertempat di salahsatu kantor unit PLN, acara yang dihadiri ratusan orang itu cukup ramai, apalagi ketika pengundian door prize. di sela-sela pengundian itulah lomba yel-yel digulirkan (bola kalii..). peserta pertama ternyata pake konsep laskar pelangi, tapi gerak-gerak doank, dan cuma nyanyi lalalallala..ama ada orang yang mukul2 galon..peserta kedua ternyata juga sama, pake daun2 segala trus ada ember di kepalanya, aneh lah pokoknya, yang lebih aneh lagi mereka malah nyanyi lagunya dewiq feat ipang yang ‘bete deh’..garing juga. peserta ketiga agak beda, dia nyadur lagunya The Changcuters, yang ini lumayan rame, karena lagu the changcuters emang bikin goyang..peserta keempat beda, mereka ngedance. sambil muter lagunya Project Pop yang superstar (awalnya kami juga mau pake lagu ini, tapi karena ga ada yg bisa, akhirnya ganti..). peserta kelima..nah ini dia giliran kami. cuma teriak-teriak sambil tepuk tangan, injek-injek tanah, kepal2 tangan tanda semangat, sama mangap2 karena ga apal..tapi lumayan banyak yang bilang itu kelompok paling ga garing..paling semangat..isinya anak muda semua..
dan ternyata emang bener. juri menetapkan kami juara kedua. juara ketiga peserta pertama yang joget2 laskar pelangi sama nyanyi lalalalalaa. juara pertama jatuh ke tim yang dibilang orang garing itu.yang pake konsepnya laskar pelangi juga tapi lebih modal di konstum. meraka pake daun2, ember,dan lainnya…tau kenapa mereka juara. pertama mungkin takdir, yang kedua karena mereka adalah Persatuan Ibu PLN wilayah (alias isteri2 para pejabat PLN Wilayah yang pada HLN ke 63 ini jadi tuan rumah)..
apapun itu, yang menjadi unik adalah kenapa hampir seluruh peserta berpikiran untuk menyajikan konsep karnaval Laskar Pelangi di yel-yelnya. tarian ala Mahar yang disadur dari tari adat dan dikombinasikan dengan tabuhan gendang. mungkin benar yang dikatakan Flo, bahwa tarian karya Mahar punya unsur Magic-nya, sehingga peserta lomba yel-yel berpikiran sama untuk membuat yel-yelnya seperti itu.

2 thoughts on “Laskar Pelangi untuk hemat energi…

  1. hahahah lucu juga idenya,….tadinya ak mampin mo liat tulisan hLN ke-63 buat bahan aku. Eh, malah nyasar ke sini. Btw lam kenal,…mas Imam.

  2. Kalo seluruh peserta berpikiran untuk menyadur konsep Mahar itu sih bukan karna kekuatan magic, tapi karna peserta ga kreatipppp, didukung pula oleh laskar pelangi yang emang lagi menggonjang-ganjing negri kita…. hihihihi… (kaburrr)

    me:
    namanya juga indonesia, sekali muncul, membludak kemana2…semua ingin seperti orang-orang..virus AADC, AAC, dan sekarang laskar pelangi..waktu AADC, bermunculanlah rangga2 kampungan, dan geng2 cw…waktu AAC, bermunculanlah kata taaruf dlm kosakata pacaran, pdhl itu sama aja..sekarang laskar pelangi, mungkin tarian ini salah satu akibatnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s