nila = ikan = warna

nila. ini salah satu nama dalam laskar pelangi mejikuhibiniu (merah jingga kuning biru nila ungu). artinya nila adalah warna. kalo kata mbah wiki, nila itu spektrum warna antara biru dan violet. dalam bahasa inggeris nila disebut indigo. bahkan indigo menjadi sebuah nama kelainan seorang yang punya indera keenam dan fantasi. ini dikarenakan org yg punya indera keenam itu auranya berwarna indigo alias nila (tau kan klo aura bisa dilihat oleh org2 tertentu, sekarang bahkan ada foto aura..)

pertanyaan muncul ketika aku makan di walahsatu warung di pasar balubur deket taman sari tea…coba2 masuk ke tenda ikan bakar..liat daftar nya ternyata ikan bakar itu mahal ya…berkisar 10rb ke atas lah..karena masih mahasiswa jadi 10rb udh mahal banget. tp ada yg dibawah 10 rb, itu dia, namanya ikan nila  bakar. harganya 7000. lumayan enak, walaupun bnyk durinya…tak lama, jadi berpikir lagi..loh, nila kan warna, kok tiba2 jadi nama ikan.

ternyata untuk ikan, nila itu bukan terjemahan tapi bener2 itu namanya. nama ilmiahnya Nile Tilapia. nila ditemukan di mesir. dan asal kata nile (nila) itu juga berasal dari sungai nil (nile). karena ada bnyak ikan nila di sungai nil..

nah, ada pertanyaan satu lagi. tiba2 ada teman yang namanya nila. waktu ditanya kenapa namanya nila, “kata mamaku, namaku nila karena kakakku nala..” ,gglleekkk…aku makin pusing..ada apalagi dengan nila,,apakah ada arti lain????

setelah sekian lama pertanyaan itu semua disimpan, aku malah lebih tersentak. tiba2 ingat waktu zaman2nya SD, ada pepatah ‘karena nila setitik rusak susu sebelanga’..jadi mikir, ‘nila’ di pepatah itu artinya apa? dengan memelas aku menanyakan ke teman2 yg kebetulan online di YM..banyak jawaban dari mereka. ada yg bilang nila disana itu artinya racun, ada yang bilang tinta, ada juga yg keukeuh nila itu warna.

dengan banyak pertimbangkan akhirnya aku putuskan bahwa arti nila di pepatah itu adalah warna. jadi susu dalam belanga akan tidak menjadi putih sempurna walau ada satu titik (tinta) berwana nila. jadi nila disana bukan racun, kejahatan, perilaku buruk, atau apapun..klo diartikan secara konteks pepatah, arti tersebut mungkin sepadan. tapi secara harfiah, nila disana bukanlah sesuatu hal yang buruk..

oke. pencarian kata nila cukup sudah. yang pasti nama nila pada orang masih hal yang unik buatku..

11 thoughts on “nila = ikan = warna

  1. “walaupun bnyk durinya…” <_< justru ane suka nila karna durinya g banyak kk, dibanding ikan mas…
    hihihi, baru tw kknya si nila namanya nala, pasti sama anehnya dengan orang bernama nila yang kul di environmntal eng ITB, wakaka

    add link blog ane kk, yoroshiku!!

    me:
    emang aneh, namanya juga aneh..hahahahhaa
    btw ady ini siapa y?apakah saya kenal?
    thanks for coming

  2. hmmm, simetris karena..
    U
    /|\
    |

    PAU || || Perpus Pusat
    ======================
    oktagon || || comlabs
    TVST || || PLN
    ======================
    ZONA TRANSISI
    ======================
    F | | CC | |CC | |T Lingkungan
    I | | barat| |timur | |E
    S | |—— —— | |K
    I | | | |N
    K | | | |I
    A | | | |K
    | | | |

    belum kenalan kita kk, tw bloglinknyah dari blognya si nila..klo mo nge-add ym, imelnya ane ks yg jahoo sadjah..😀
    haha, jadi OOT, ntar ane perbaharui blognyah d.

  3. Woiii….
    Ada apa ini ribut-ribut soal nila? wuakaka…
    Artikel yang menarik, selama 21 tahun ga pernah mau tau arti nama sendiri.. sampe akhirnya dipertemukan dengan pertanyaannya kak Imam…
    Kak Imam…
    Ady bilang komennya kak Imam menarik (di blog ku) makanya dia berusaha mengenal kak Imam, ati-ati yah ama ady.. wuakakakak

    me:
    masih ada lg yg hrs dicari selain arti sebuah nama..
    yaitu jati diri…siapa sebenernya nila itu? bukan ‘apa’..
    mudah2an kita semua sedang mencari ‘siapa’ kita..kita semua sedang mencari legenda pribadi kita masing2…
    karena untuk itulah kita hidup..

    mungkin ntar ada tulisan part2, part3, atau part ke-n..

  4. Aku pengen tahu lebih jauh lagi tentang apa arti nila itu sendiri

    me:
    yg saya baru tau cuma itu….
    spertinya kita jangan fokus ke arti nama..tp lbh fokus lg ke arti siapa kita sebenarnya..jadi bukan ke objek, tp subjek…
    karena pada dasarnya perjalanan hidup itu mencari siapa kita sbenernya..
    (hehehee…bener ga sih?? pokokna mah kitu lah..)

  5. hai… nama ku nila,,, dulu jg sempat bete karna orang2 bilang namaku noda, tp yach itukan pendapat mereka……..

  6. nama saya nila, dan saya tau nama saya selalu dihubungkan dengan pepatah, ikan, dan warna. saya tak suka jika nama saya dihubungkan dengan 2 hal yg pertama, dan kebetulan saya menyukai warna nila, oleh karena itu, sebagai penegasan, saya mulai menggunakan barang2 berwarna nila untuk mengedukasi orang bahwa nila itu adalah warna. karena itu juga saya memutuskan untuk menggunakan @nilaDpurple sebagai nama akun twitter saya, penegasan!

    untuk “karena nila setitik rusak susu sebelanga”, saya yakin sekali nila disana merujuk kepada air nira, air yg didapat dari pohon nira yg bisa dijadikan tuak, soooo bisa diprediksi kan ya, bagaimana jadinya jika bahan dasar tuak masuk ke dalam susu?

    buat yang bernama nila, sebaiknya jangan jadi down karena namanya dihubung2kan dengan pepatah tersebut, see the bright side, bukankah pepatah tersebut memperlihatkan betapa powerful nya setitik nila melawan sebelanga susu?😛 in fact, I always am a leader in any community I’ve been😀 ibarat kata, orang bernama nila itu memiliki pengaruh kuat terhadap lingkungannya. memang tidak semua nila memiliki kemampuan yang demikian, tapi coba cermati dengan sesama, kebanyakan wanita bernama nila memiliki semacam aura tertentu yang membuat orang tunduk😛 (kata sayaaa hahaha)

Leave a Reply

