lebih baik nyalakan lilin…

“lebih baik menyalakan lilin, dari pada mengutuk kegelapan..”

kalimat ini populer waktu saya masih kuliah di bandung. beberapa narasumber dari sebuah talkshow atau pengajian selalu mengutip kalimat ini. bahkan buku-buku pergerakan yang saya baca menuliskan kalimat ini berulang kali. tapi sampai sekarang saya belum tahu siapa pencetusnya. yang jelas kalimat ini membuat paradigma orang tentang sebuah perubahan menjadi beda. orang digiring untuk berbuat daripada terus bersungut-sungut menyalahi kekalahan.

tapi sekarang saya ingin membahas tentang kritikan-kritikan pasca saya menjadi pegawai di salah satu perusahaan milik pemerintah yang bergerak di bidang kelistrikan (ud tau kan..). ketika saya online di yahoo messanger, ga sedikit teman2 saya yang komplain karena kantornya mati listrik. atau di milis, banyak yang mencak2 kinerja pln dan kebijakan-kebijakan pemerintah lainnya..bahkan ada yang sms saya waktu rumahnya kena pemadaman bergilir, “pln gimana sih!! rumah gw kena pemadaman nih..!!”

wadduh, cape juga ngasih keterangannnya. pertama, saya memang di pln tapi bukan di bagian pemadaman atau pengaturan listriknya. saya di bagian proyek induk dan jaringan. jadi tukang bikin2 instalasi pembangkit dan jaringannya. jadi mestinya mereka berterimakasih ama saya karena telah membangun listrik. tapi, pegawai pln dari awal masuk emang punya konsekuensi seperti ini. mau di bagian apa, kalo label dia pln, maka harus udah bisa menerima dan menjelaskan ke pelanggan.

maka penjelasan saya ke teman2 saya yang komplain itu simpel ajah..”nyalakan lilin aja”. itu lebih baik daripada marah-marah. kalo kata Aa Gym, marah-marah kayak gt ga akan membuat listrik jadi hidup, atau tiba-tiba pasokan batubara lancar. karena matinya listrik atau kurangnya suplai listrik itu hubungannya luas banget. contoh, kebijakan pemerintah terhadap ekspor batu bara, 90% batubara kita diekspor!! atau bahkan tentang perusahaan2 yang nunggak bayar listrik. ini nyata loh, salahsatu perusahaan besar di indonesia timur ternyata penghutang terbesar pln di sana..dan yang pernah saya temui itu adanya tentangan dari masyarakat ketika penentuan lokasi pembangkit atau jaringan. masyarakat terkadang meminta uang ganti yang berlebihan. ini sedikit banyak memperlambat proses pemenuhan pasokan listrik di indonesia…

jadi, nyalakan lilin saja jika mati lampu..nyalakan lilin hatimu untuk terus berhemat dalam penggunaan listrik..nyalakan lilin pikiranmu untuk membuat energi2 alternatif..karena mengutuk kegelapan tidak akan membuat hati dan pikiranmu menjadi terang..

5 thoughts on “lebih baik nyalakan lilin…

  1. yup, nyalakan lilin kecil itu, munculkan ide-ide kreatif, maksimalkan nyalanya, terus berkarya karena sudah saatnya kita berubah, sudah saatnya bangsa ini berubah, menuju bangsa yang bermoral, dan menjunjung tinggi hak dan kewajiban setiap rakyatnya. dan perubahan itu dimulai dari diri kita dan memulainya sekarang juga.
    Are you ready?

  2. masyaallah, ada yang terlupakan,
    ..belum kenalan…
    btw salam kenal yach
    jika ada waktu, silakan mampir ke blog saya.
    salam

    me:
    salam kenal juga pak…
    salahsatu lilin ini adalah blog ini..
    mudah2n aja bisa menjadi jalan perubahan..

  3. Mam ms mending loe yg kena kritik, lo ms kerja d pln.

    Dulu waktu sd, gw yg kena kritik temen2 gw dan bahkan ad orang2 yg telpon ke rumah waktu listrik mati, gw yg ngangkat dan gw lah yg kena semprot…

    Bayangkan gmana rasanya? Bahkan seorang anak sd yg ga tau apa2 jd korban
    Hahaha untung ud biasa jd cuekin aja…

    mau d jelasin keadaan sebenernya jg kagak akan nerima org2 ituh..kesannya cuma pengen cari kesempatan bwt marah2in org… Padahal ga ada gunanya

    Gw bilang ke bokap, dan bokap hanya senyum dan bilang ‘yg penting kt berusaha yg terbaik’

Leave a Reply

