dua hari yang menyenangkan

apa yang kamu bayangkan ketika seorang napi yang baru saja keluar dari penjara? pasti ia akan sangat senang dan akan menghabiskan masa-masa indah di luar sana.

apa yang kamu bayangkan jika seorang tentara yang dikarantina sekian tahun dan tiba-tiba mendapat jatah libur? pasti ia akan sangat senang dan berjalan-jalan ke sana ke mari.

itu yang aku lakukan di dua hari pekan kedua bulan juni ini. karena selama bulam mei aku bekerja, tak ada satu hari pun aku bisa libur. tak ada satu hari pun aku bisa jalan-jalan atau belanja kebutuhan. bahkan mencuci baju.

pekan ini aku mengikrarkan untuk menolak diajak lembur oleh bos. walaupun posisi masih on the job training, aku nekad untuk mencari alasan agar sabtu minggu bisa menghirup udara segar di alam Makassar. dan keajaiban pun terjadi. aku akhirnya bisa lolos dari ‘bui’ nya kantor Perencanaan Umum’.

sabtu pagi, seperti biasa, futsal. futsal kali ini walaupun malamnya sedikit begadang karena melihat pembantaian perancis oleh tim juaraku, Belanda, tetap dalam semangat yang prima. kami main setiap 15 menit. tiap kali main, aku menyumbangkan satu gol. total gol yg aku berikan pagi itu adalah 3. ini gol pertmaku selama aku main futsal di makassar ini. tandanya, aku mulai bisa adaptasi mungkin..

selesai jam 10. sedkit rebahan dan emang sengaja tiduran (karena begadang tadi). bangun zhuhur dan langsung mandi karena rencananya mau ke MTC (semacam mangga dua kalo di jakarta), isinya alat-alat komputer, dvd, pc games, jualan baju juga, ada alfa juga..aku mau tanya2 tentang ASUS-ku yang RAM-nya masih bayi, 512 MB. mau aku upgrade menadi 1,5 MB. sekaligus beli coolpad, dan tentunya stick PS. karena memang itulah tujuan utama kami (aku dan si agung depok).

selesai beli perlengkapan elektronik, tujuan utama berikutnya tentunya belanja. belanja keperluan pribadi bulanan. lumayan abisnya gede juga. dan lumayan pegel kaki. karena dari tadi keliling terus. sampe rumah sekitar jam 9 malam. karena kami makan malam dulu di sana. karena setelah itu kami langsung test drive sitck ps yg baru dibeli.

kami main hingga jam 3 malam. jempol tangan rasanya sudah kebal. kami main PES 2008 sambil nonton David Villa yang berhasil menjadi top scorer dan ketakutan portugal yang kalah 0-2 atas swiss. walaupun jam 4 sudah mengantuk-antuk. aku masih menahan hingga jam5 karena menunggu adzan shubuh. jika tidur jam 4 maka bablas lah shubuh-ku.

pagiku diawali dengan tidur. jam 9 aku bangun. dan tentunya masih berat mata ini. tapi sms yang baru saja aku baca membuat mata ini tiba-tiba cerah dan kaki yang tadi masih sakit karena futsal tiba-tiba ingin menyambut ajakan itu. ibay, temanku yang satu angkatan di kantorku, mengajak jalan-jalan. woww…

aku cuci muka dan seduh kapal api. tapi aku tidak langsung dandan. karena cucian telah menumpuk sejak minggu lalu. jadi aku nyuci dulu, karena sepertinya hari minggu ini cukup cerah dan cukup nyaman untuk menjemur. jemur pakaian ataupun jemur kulit d pantai.

ya, jemur kulit. siang itu setelah menjemur pakaian, kami dengan Suzuki X-over (milik saudaranya ibay) melaju mendekati Tanjung Bunga. ini kali pertamaku menemukan laut di sulawesi ini. kami menjemur diri di bawah matahari cerah di hari minggu di Pantai Akkarena, Tanjung Bunga. fiiiuh..pantai itu memang indah..

aku lebih banyak terdiam melihat kejauhan pantai di bawah pohon kelapa yang tidak meneduhi kami sambil mengunyah kacang dan minuman dingin. sedangkan ibay, sibuk melirik-lirik pengunjung yang ‘agak cerah’.
kami terdiam, tapi sesekali mengobrol tentang sesuatu yang penting. “kayaknya kalo udah nikah itu, kerja jadi enak ya?”, tanyaku masih sambil menatap lurus ke depan. “iya, kita kerja ada ujungnya, ada semangat”, jawab ibay pasti, karena dia sendiri sudah menikah dan punya anak. tapi isterinya masih kuliah di bandung.

dan kamipun membahas tentang pernikahan. tentang ibay yang harus pisah jarak dengan isterinya, “ini mungkin yang dinamakan takdir. kita udah rencanain ini itu. tp nyatanya gw ditempatin di makassar. ya mau gmn lagi??”

ibay dengan khas cekikikannya menjelaskan tentang hal-hal mendasar yang sering terjadi di keluarga. angin pantai Akkarena sangat lembut. tidak membuat pasir putih di depan kami beterbangan. panasnya matahari juga tidak begitu menyengat, sehingga tengah hari bolong kami masih bisa terduduk di bawah pohon kelapa yang tidak berdaun.

setelah shalat, kami pun duduk kembali. tapi kali ini di tempat teduh. aku masih saja memandang kejauhan pentai ini. aku merasa kerja rodi ku selama sebulan ini terbalas. dan merasa ada energi lagi untuk siap tempur hari senin besok. sementara ibay, sibuk dan tertawa sendiri dengan YM di HP-nya. aku merasa ngantuk, karena baru tidur 4 jam pagi tadi. aku pun menyandarkan tubuhku, dan mulai merasakan alunan angin dan hiruk pikuk pantai yang sudah banyak didatangi pengunjung (maklum musim liburan).

dan tiba-tiba..”boleh minta apinya mas?”, sesorang mendekati ibay yang sedang tertawa dengan HPnya dan sebatang A-mild menthol. ia duduk disamping ibay setelah menyalakan rokoknya. dan tentunya kenalan. dan ia ternyata bukan seorang lelaki, tapi wanita. deggh..aku sedikit kaget. wadduh..ini cewek makassar berani2 juga ya..bisikku dalam hati. ibay dan wanita itu pun ngobrol sedangkan aku tidur siang menikmati Pantai Akkarena.

kami pun beranjak dari Tanjung Bunga menuju MTC setelah aku puas dengan tidur siangku di bibir pantai dan ibay yang mungkin ‘tidak puas’ bertemu dengan wanita tadi. setelah kemarin aku survey harga RAM. hari ini aku mengupgrade ASUS-ku. setelah tawar-menawar harga (yang akhirnya tidak bisa ditawar) mereka mulai membongkar notebook-ku. dan seperti biasa, si penjaga toko yang semuanya wanita itu, agresifnya minta ampun. ada seorang yang tiba-tiba ingin melihat laptop-ku dan tiba-tiba menyalakaannya..ia sambil tertawa-tawa. aku keheranan. nih orang kenapa??…”mbak, laptopnya kan mau diuprgrade, knp dinyalain?”, tanyaku. “sebentar mas, aku mau liat-liat lapotop mas dulu”, katanya sambil terus ketawa. “kok, lemot sih laptopnya?”, tanyanya lagi. “makanya mau diupgrade!!”, kataku sambil sedikit menukikkan kedua alisku.

selepas, di MTC, kami melanjutkan ke Mall Ratu Indah (Mari). tujuan kami selain ingin mencari buku di Gramed, juga ingin memanfaatkan waktu liburan dan pinjaman X-over dari saudaranya Ibay. sesampainya di MaRI, kami langsung cari makan, karena di pantai tadi cuman melahap snack dan kelapa. setelah itu menuju Gramed. tapi hanya kecewa yang aku dapat karena buku yang aku cari (waktu itu di mall Panakkukang) tidak ada. kami pun lanjut menuju mall Panakkukang. tadinya aku menyerah, karena sudah capek sekali. tapi ibay masih semangat untuk terus jalan-jalan. okeh deh..

sampe rumah jam 9. fiiuhh…rasa capek bercampur senang menjadi satu. melarut menjadi koloid. sesuatu yang tak bisa dipisahkan lagi. dan ternyata belum boleh tidur dulu. ada PR yang belum dikerjakan: setrika pakaian untuk besok….

walaupun capek berat, tapi seperti yang tadi aku katakan. perasaan itu sudah bercampur..

dan dua hari ini pun adalah dua hari paling menyenangkan di Makassar

2 thoughts on “dua hari yang menyenangkan

  1. akhirnya istirahat mam, baguslah, jalan2 pula.
    di JE masih belum ada kerjaan mam, meskipun 2 hari kemaren ke kantor pusat ikut yang evaluasi, tapi tetep itu kerjaannya anak2 yang sebelumnya ikut evaluasi di bandung, gue cuman bisa melongo doang.
    heuheuheu…
    semoga hari2 istirahatnya jadi lebih banyak lagi mam,
    jumat ini mah gue mau pulang ke bandung,… bandung mam..!! ada pagelaran LSS!!

  2. hei…
    don’t forget to eat Pisang Epe..
    and see the sunset from MGT…
    hehehe the location still in the town area…

    BTW mau udang mayonaise dunks

    me:
    pisang epe pinggir losari..udah donk
    pisang bakar yang sdikit gempal ditaburi saus duren ada kejunya..
    tp lbh mantap pisangnya madtari lah..

    sunset???
    i hope so
    i havent found her yet..
    he..he..

Leave a Reply

