Dokumen Proyek: All Set

fiuuhh..

akhirnya beres..

sekitar lima hari, aku (sendirian) mengevaluasi dokumen-dokumen penawaran (prakualifikasi) dari buaaaanyak perusahaan konsultan di sulawesi ini. ada empat proyek yang kami (PLN PIKITRING SULMAPA) tawarkan, tiga tentang pemantauan dan pengelolaan lingkungan (UKL/UPL) dan satu mengenai AMDAL.

dari masing-masing proyek ada sekitar 10 atau 12 perusahaan. tapi ada beberapa perusahaan yang ‘melamar’ ketiga atau bahkan keempat proyek itu. gila juga tuh konsultan, tapi aku jadi enak meriksanya, soalnya dokumennya pasti kopian, jadi ga harus meriksa dokumen sisanya.

tadi tepat jam setengah lima waktu indonesia timur, aku dan bos-ku kembali mengecek apakah benar-benar sesuai dengan standar yang diharapkan atau tidak. ya walaupun aku sudah melakukan evaluasi dokumen, si bos tetep aja masih ingin memeriksanya lagi (tapi di awal pemeriksaan doank, abis itu dia percaya-percaya aja, secara puluhan dokumen setebel duakali novel Harry Potter)

konsultan itu ternyata banyak bohongnya. mereka membuat surat pernyataan di atas materai bahwa mengisi dokumen ini dengan sebenar-benarnya dan rela di-black list dari PLN selama dua tahun kalo ketahuan bohong. tapi, tadi ajah ada sekitar dua perusahaan yang ketahuan bohongnya. mereka menulis bahwa tidak ada pekerjaan yang sedang mereka kerjakan, padahal (jelas-jelas) mereka sedang melakukan pekerjaan dengan pihak PLN sendiri, “baru aja saya ketemu ama kontraktornya, sekarang saya liat dokumennya, malah ngaku nggak ada pekerjaan lain..”, bos-ku bersungut-sungut mengomentari perusahaan yang terbukti bohong.

perusahaan sengaja tidak mencantumkan form pekerjaan sedang dilakukan, agar PLN melihat bahwa perusahaan tersebut akan konsentrasi ke proyek yang sedang dilamarnya. tapi itulah dunia nyata. banyak trik. bahkan aku melihat beberapa dokumen yang sepertinya palsu, seperti sertifikat dari PII, sertifikat AMDAL, NPWP, sangat terlihat beda. itu seperti hasil scan-an yang nama perusahaannya/nama orangnya diganti.

ini baru pekerjaan pertama cess (bahasa makassar, cess: kawan,sobat)
selanjutnya pasti akan lebih berat…

minta doanya yang di atas sajadah berbalut mukena sana…

4 thoughts on “Dokumen Proyek: All Set

  1. salam juga untuk yang bermukena itu

    santai mam

    saya sudah mengikrarkan diri untuk tidak ‘mengambil’ ke atas

    saya kan lahir bulan mei hahahahaha

    yu ah…

  2. ati2 bicara boss, ntar kayak telanjang didepan ummum loh!

    me:
    memang kebenaran terkadang membuat orang ditelanjangi
    he..he…
    btw ni siapa boss???

  3. Saya baru baca Dokumen Proyek: All Set”, dan tertarik memberi komentar.Kalau gak berkenan, maaf and forget it ya, he he he. Memang susah memilih konsultan lingkungan, karena umumnya ngaku profesional dan tidak sedikit yang dijuluki “fly by night”. Tidak sedikit yang menawarkan biaya yang murah, ngaku serba bisa & gampang, tentu dengan gimkick-2 dan gombal. Kalau anda mensyarat kan konsultan sedang tidak mengerjakan studi proyek lain, maaf ya mungkin kurang pas, sebab itu berarti konsultan tsb. tidak prof, tidak punya tenaga tetap atau baru cari orang kalau dapat proyek, dan ini indikasi dia tidak profesional. yang profesional tentu sedang mengerjakan proyek agar tetap hidup. Yang profesional juga dicari banyak pihak, jadi tidak mungkin dia nganggur. Yang penting,dia profesional, tanggung jawab dan harga reasonable(bukan murah), karena yang profesional tidak mungkin murah lho. Saran saya: pada penilaian, gugurkan konsultan-2 yang technical proposal nya tidak baik, baru membuka cost proposal. Sebab bila dua-2nya dibuka bersamaan, tentu akan pusiiiiiiiiiiing. Muda-2an komentar saya bermanfaat.
    Siapa saya? Aaaaaah gak boleh buka kartu lhoo.
    Salam,
    A. Noor
    sribangun2004@yahoo.com

    me:
    hihiihii…
    ternyata emg susah ya mas jadi panitia lelang…
    capek..
    berbuat adil itu emang mahal..
    kapan2 ikut lelang di tmpat saya mas..

Leave a Reply

