Dokumen prakualifikasi

Pekerjaan kedua setelah membuat S-curve adalah mengevaluasi dokumen prakualifikasi kontrak. PLN PIKITRING Sulawesi, Maluku dan Papua di Makassar ini rencananya memang sedang banyak membangun proyek-proyek pembangkit. Karena memang dari PLN pusat, proyek 10 ribu MW sedang dilancarkan di jawa maupun di luar jawa. Target Wapres 2011 Indonesia harus sudah terang-benderang.

Kami (PLN PIKITRING Sulawesi, Maluku dan Papua) khususnya bagian perencanaan (karena setiap proyek harus diawali dengan pembuatan AMDAL dulu) buka iklan di Koran, dan konsultan pun berdatangan mendaftar. Sambil mendaftar mereka membawa dokumen kelengkapan administrasi (dokumen prakualifikasi). Kami sendiri mempunyai daftar standar kualifikasi yang harus dipenuhi. Maka satu-satu dokumen yang tebalnya satu jengkal itu harus diperiksa secara manual kelengkapannya.

Dan akulah ‘korbannya’. Mungkin karena staf satu-satunya yang junior di ruangan Perencanaan Umum. Dari pagi tadi sudah memboyong empat dokumen prakualifikasi yang harus dicek kelengkapannya. Apakah ia punya formulir isian kualifikasi, landasan hukum perusahaannya, NPWP, SITU (surat izin tempat usaha), SBU (sertifikat badan usaha), data-data personilnya yang harus dilengkapi CV dan ijazah, data pengalaman perusahaan tujuh tahun terakhir juga harus dilengkapi lampiran dokumen kontraknya, data keuangan, data peralatan, dan sebagainya.

Fiiuh…
jadi jika ada temen-temen yang memang ingin membuat perusahaan di bidang konsultan, atau kontraktor, sebaiknya segera siapkan orang-orang handal, modal kerja, dan pengalaman. Itu kayaknya yang menjadi tolak ukur apakah tender Anda diterima atau tidak.

Masih banyak dokumen yang belum dievaluasi. Siang ini. Besok. Lusa. Atau minggu depan, mungkin dokumen itu masih belum habis..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s