purnama. begitu sempurna…

byyuurrrr…
sepertinya langit sedang bersedih luar biasa sore ini. ia mengeluarkan air matanya begitu deras. aku bersandar lelah di balik jendela mobil. lelah karena  selama  kurang lebih 5 jam menggunakan baju kebesaran dan 3 jam menunggu giliran foto bersama rektor. lelah bercampur lapar karena makan siang diundur jadi jam 5 sore.

tapi ada satu potret keindahan yang aku temukan di dalam kerumunan tirai air itu. purnama. aku melihatnya begitu sempurna malam ini. ia masih terlihat cantik di balik kemelut awan dan hitamnya langit. dan satu hal yang pasti, ia terus menatapku kemana pun mobil ini melaju. ia selalu di sampingku. seolah ada seseorang yang sedang menatapnya juga di belahan bumi sana. seolah ia ingin menyatukan tatapan kami.

tapi bukan itu yang ingin aku bahas. aku hanya ingin mengatakan bahwa tatapanku dengan sang purnama malam mengingatkanku pada episode-episode kehidupanku beberapa bulan silam. selesai maghrib ketika mampir di Gelap Nyawang, aku menemukan purnama begitu cantik di atasnya. itu ketika perjuangan menuntaskan Tugas Akhir telah dimulai.

saat masa-masa sidang telah berlangsung, aku pun menatap wajah yang sama pada langit malam itu ketika aku ingin mampir ke Balubur. purnama. itu bertepatan dengan malam penuh rahmat, ramadhan. aku menatap bercampur syukur yang terucap.

masih dalam dekapan malam yang dingin. aku hanya ingin mengucapkan rasa terimakasihku kepada kamu. kepada kamu, temanku. kepadamu yang telah menemaniku dalam kegilaanku, kegilaanmu. yang telah memberiku sandaran ketika tubuhku lelah. terkadang sandaran dingin, hangat atau (ehmm..) panas.

tetangga-tetanggaku. jika masih ada yang dapat aku lakukan untuk terus membuatmu tersenyum dan membuat lembaran-lembaran laporan tugas akhirmu bertambah, maka jangan ragu untuk menghubungiku. jangan khawatir, aku masih berada di sekitar halamanmu. karena masih belum ada yang mengajakku pindah dan masih belum ada yang mengajakku untuk mendirikan rumah baru. jika kamu punya tetangga lain yang bisa, itu sangat membantuku. ya..mungkin inilah yang dinamakan persahabatan.

One thought on “purnama. begitu sempurna…

Leave a Reply

