Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan?

 

ramadhan

waktu menunjukkan pukul 1.15, tidak ada satupun orang di ruangan itu…hanya aku, notebook acer dan LCD sony.
“statistiknya banyak yang salah!!”, dia datang agak tergesa sambil meletakkan map berisi draft TA ke meja sidang. “kamu emangnya pake berapa sampel??”, ia menghampiriku agak tergesa setelah meletakkan map itu.
Ya, Tuhan. ada apa ini. ‘perang’ belum dimulai, kok ‘senapan’ sudah di depan mata. aku membatin dalam hati. aku sama sekali tidak bisa menjawabnya.

pembimbingku telat datang karena ada urusan. akhirnya, sambil menunggu pembimbing, para penguji melakukan ‘pemanasan’ dengan mempertanyakan hal-hal yang kurang jelas yang ada di draft. aku hanya tersenyum manis, dan berkata “iya bu, iya pak, makasih..makasih banyak..”. aku hanya terdiam menatap slide-ku yang belum sama sekali kusentuh. ketakutan tiba-tiba meranggas di setiap benak pikiranku. tapi, hati kecilku berkata, “nyantai aja bos, ga asik kali kalo sidang ga dibantai, nyantai aja, pasti ada pertolongan kok..”. aku pun terus memasang senyum di tengah cucuran keringat dan detakan jantung yang semakin cepat.

jam setengah dua lewat. sidang dimulai. aku berusaha menenangkan hati. mengingat-ingat masa-masa perjuangan menyelesaikan proyek ‘sangkuriang’ ini selama satu minggu. makalah seminar yang baru dikumpul sepuluh menit sebelum deadline. komputer yang tiba-tiba terkena virus di saat deadline. printer yang tiba-tiba rusak di saat-saat genting. dan segala macam ujian yang telah Tuhan berikan. dan sekarang, di hadapanku, telah terpasang tali bertulis ‘finish’. ‘selangkah lagi, bos’, bisik hati kecilku. dan sesekali aku mengingat suara ibuku di telpon shubuh tadi, ‘ibu dan keluarga selalu mendoakanmu..’ dan ucapan-ucapan ‘selamat berjuang’ dari teman-temanku baik langsung maupun lewat sms. aku yakin, tanpa dukungan dan doa mereka, aku masih jauh dari garis finish ini.

lima belas menit kemudian, sesi sidang masuk ke sesi berikutnya, tanya jawab. salah satu dari dua penguji itu adalah dosen yang cukup ahli di bidang statistika. karena bahasan di draft dan slide Tugas Akhirku sebagian besar membahas statistika, maka sasaran empuklah bagi dia untuk ‘membantai’. tapi, ternyata tidak. sepertinya doa teman-temanku serta orangtuaku pagi tadi cukup bagi Tuhan untuk memberiku kemudahan dan kelancaran. jika boleh dipersentasikan, kadar ‘pertanyaan’ 30% sedangkan kadar ‘masukan’ 70%. jadi, sidang itu, kalimat yang sering kuucapkan ialah, “iya bu, terima kasih banyak bu..”, sambil senyum manis dan merasa mendapat ilmu baru. mungkin hampir sama dengan ajang kontes ‘idol’ yang sedang diberi masukan oleh juri…

waktu menunjukkan pukul 14.45. aku dipersilakan keluar. beberapa menit kemudian aku dipanggil lagi. pembimbingku hanya tersenyum-senyum sambil berkata, “kamu beruntung hari ini pengujinya baik-baik”, penguji dan pembimbingku tertawa ringan, “kamu dinyatakan lulus, tentunya dengan perbaikan yang tadi disampaikan oleh para penguji…”, perkataan itu pelan dan mendatar. tapi bagiku itu adalah sebuah kalimat yang ditunggu-tunggu setelah beberapa minggu yang lalu aku memutuskan ‘berlari’ untuk mengejarnya.

tiada ucap yang patut dibisikkan kecuali puji syukur kepada-Nya. semesta ini seakan sedang tersenyum ke arahku sehingga aku tak kuasa lagi menahannya. maka aku hanya bisa berucap syukur karena aku takut nikmat-Nya ini menjadi murka-Nya hanya karena aku sombong atas semuanya. dan nikmat itu pun terus menyerangku bertubi-tubi. satu jam setelah sidang aku ditawari proyek dosen sipil. dan satu hari setelah sidang, salah satu dosen penguji di sidangku, menelpon dan menawariku sebuah pekerjaan. alhamdulillah…belum kering rasanya bibir ini berucap syukur, tapi Engkau terus memberi hamba-Mu yang fana ini begitu banyak karunia-Mu. semoga bukan nikmat yang aku ingkari…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s