siap2 meninggalkan bumi…

wow..

pagi yang cerah.

kira2 udh 2 minggu kebelakang bandung panas sepanjang hari. panasnya panas banget. nget..nget…nget..

padahal, sebelumnya setiap harinya itu bandung hujan terus. pasti dan pasti setiap habis zhuhur itu hujan. lebat..bat..bat..bat..

minimal klo mau nyuci itu dua hari. soalnya cuman ada waktu setengah hari kurang. klo ga segera diangkat, ya basah lagi…tp sekarang, 2 jam ajah udh kering..ring..ring..ring..

hati-hati ajah klo keluar rumah sekarang, mesti pake topi atau minimal pake baju tertutup, soalnya nyengat banget. padahal, gw suka banget pake baju hitam-hitam ke kampus, hampir semua baju gw berwarna gelap. jadinya ajah tambah kepanasan…ffiuuuh…

kok bisa? musim di indonesia kan cuman dua:hujan dan kemarau. dan itu dari dulu emang selalu bergantian secara periodik. tp kok sekarang..????

gw

global warming. klo kata algore di film documentary-nya, fenomena perubahan iklim yang ekstrim ini karena saat ini planet kita udh ga kuat lagi nahan panas. panas akibat asap2 kendaraan bermotor, cerobong2 industri, dll..pookoknya hasil buangan pembakaran dari bahan bakar fosil:karbon dioksida. mestinya senyawa ini akan ternetralisir oleh pepohonan, tapi pohonnya ajah ditebangin tiap detiknya. lahan hutan terus berkurang tiap harinya. jadinya ajah ga ada lagi yang bisa nyerap karbondioksida. panas deh…

saat ini mungkin negara “sok jagoan” amerika selalu mengklaim dirinya sebagai pahlawan karena sedang memberantas teroris, karena dia jaringan teroris ini sangat berbahaya bagi nyawa manusia (padahal kita tau sendiri, bukti otentik tentang hal itupun sampe sekarang ga pernah ada..). tapi seberapa bahayakah efek dari global warming dengan teroris ini???

jika dugaan george bush benar tentang tragedi 11 september, yang mengakibatkan dua gedung kembar roboh, itu diakibatkan oleh jaringan teroris. maka seharusnya hari ini george bush harus lebih khawatir karena global warming tidak hanya akan merobohkan WTC, tapi seluruh kota di amerika akan terendam air, akibat luapan air karena kutub es yang meleleh. tidak ada perhitungan teoritis yang menyimpulkan tentang kebenaran kesalahan bin laden dalam tragedi 11 september, tapi untuk global warming, ada perhitungan teoritisnya. lengkap.

mestinya, sebagai negara industri dan negara maju sekaligus negara ‘sok jagoan’, george bush mestinya lebih khawatir tentang bahaya ‘teror’ yang mahadahsyat ini. mestinya ia berpikir gimana caranya agar bahaya global warming dapat ditanggulangi sejak dini. minimal ada adaptasi dampak, sebagai uapaya meminimalisir keburukan. tapi, apa nyatanya???

amerika adalah satusatunya negara industri yang memberikn kontribusi pencemaran paling tinggi terhadap global warming di dunia ini, yang tidak menyetujui atau tidak mengikuti protokol Kyoto. yaitu sebuah perjanjian antar negara2 kontributor pencemaran untuk menimalisir buangan karbon dioksida.

jadi sebenarnya siapa teroris sebenarnya???

perubahan iklim telah membuat kondisi alam ini menjadi tidak seimbang lagi. iklim tak menentu. akibatnya banyak spesies hewan akan segera punah karena tak bisa lagi beradaptasi. akan ada daerah yang selalu diguyur hujan, dan ada juga daerah yang selalu dilanda kekeringan. penyakit akan mudah tersebar. dan sebagainya…kalo kata stephen hawking, kita harus segera berimigrasi ke planet mars atau planet yang baru2 ini ditemukan, gliese 581, karena kata dia, bumi sudah tak kuat lagi menahan beban pencemaran ini. umur dunia udh tua. bentar lagi menemui ajalnya….

sebagai seorang rakyat indonesia biasa, sebagai seorang mahasiswa biasa, sebagai seorang manusia biasa, gw ga tau mesti gimana…bingung siahhh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s